PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI TEKS ESKPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEER LESSON PADA SISWA KELAS XI SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201

DINDA FADILAH, 125030118 (2016) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI TEKS ESKPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEER LESSON PADA SISWA KELAS XI SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/201. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER..pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan sa tu kegiatan yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreati fitas siswa dalam menginterpretasi teks eskplanasi kompleks , yaitu dengan model peer lesson. Rumusan masalah yang penulis ajukan a dalah: (1) ma mpukah penulis merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eskplanasi kompleks dengan menggunakan model peer lesson ?; (2) mampukah siswa kelas XI SMAN 18 Bandung mengin terpretasi teks eskplanasi komple k s dengan tepat ? ; (3) efektifkah model peer lesson digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung ? Pe nelitian ini bertu juan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model peer lesson pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung , mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMAN 18 Bandung dalam menginterpretasi teks eksplanasi dengan tepat, dan untuk mengetahui keefektifan model peer lesson yang digunakan dalam pembelajaran meng - interpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMAN 18 Band ung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merenc anakan melaksanakan dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eskplanasi kompleks dengan model peer lesson ; (2) siswa kelas XI SMAN 18 Bandung mampu menginterpetasi teks eskplanasi kompleks ; (3) model peer lesson ini efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks di kelas XI SMAN 18 Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest - posttest design, dengan teknik peneli tian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun simpulan hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran meng - interpretasi teks eskplanasi kompleks dengan menggunakan model peer lesson di kela s XI SMAN 18 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelak sana an pembelajaran sebesar 38,4 . Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas XI IIS 4 SMAN 18 Bandung mampu menginterpretasi teks eskplanasi kompleks dengna model peer lesson . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretest yaitu 47,34 , sedangkan nilai rata - rata posttest 81,23 . Jadi selisih nilai rata - rat a prates dan pascates yaitu 33,89 . 3. Model peer lesson ini efe ktif digunakan dalam menginterpretasi teks eskplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMAN 18 Bandung . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui t hitung 15,7 > t tabel 2,04.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:08
Last Modified: 03 Sep 2016 15:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item