LULU NURJANAH, 125060056 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAMS GAME TOURNAMENT (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Sukamelang III Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Sukamelang III Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegitan pembelajaran, kurangnya tanggung jawab siswa terhadap kewajiban yang diberikan kepadanya serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Selain dari itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya professional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa, menggunakan metode ceramah saja, kurangnya guru dalam mengasah siswa dalam melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Tanggung Jawab, dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe TGT. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus atau tindakan, dari setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, atau pengamatan dan refleksi. Sikap tanggung jawab yaitu pada siklus I 62% dan siklus II 85%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 77% dan pada siklus II 100%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 85% dan siklus II 99%. Hambatan dalam penelitian ini adalah setiap siswa tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok. Upaya yang dilakukan peniliti untuk mengatasi hambatan tersebut adalah guru mendidik siswa untuk berlatih bersosialisasi dengan orang lain, karena dengan bersosialisasi siswa dapat berpartisipasi dalam kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe TGT dalam mata pelajaran IPS tentang Perkembangan Teknologi dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Type Teams Game Tournament, Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar, Hambatan Penelitian, dan Upaya Peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 12:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 12:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10247 |
Actions (login required)
View Item |