PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

DESI PURNAMASARI, 125050014 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dftar pustka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Purnamasari , Desi . Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kreati f matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika . Namun kemampuan berpikir kreatif mate matis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran Cooperative Script Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2015 - 2016 . Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan per nyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Cooperative Script , dan berpikir kreatif matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Te s . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori ; siswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran matematika ; tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan sikap siswa pada kelas eksperimen. . Oleh karena itu model pembelajaran Cooperative Script dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Berpikir Kreatif Matematis dan Model Pembelajaran Cooperative Script .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item