NURUL HANNISA AZHAR, 125060219 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI MODEL CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cangkring 04 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK dalam bahasa indonesa.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK dalam bahasa inggris.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cangkring 04 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 48 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya memindahkan materi dari buku paket ke buku catatannya. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I nilai rata – rata 68,54 dan menjadi 76,14 pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:06 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10232 |
Actions (login required)
View Item |