PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SANIE LAZUWARDIYATI, 125060058 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER skripsi.docx

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstract.docx

Download (20kB)
[img] Text
1.1.docx

Download (22kB)
[img] Text
1.2.docx

Download (39kB)
[img] Text
2.2.docx

Download (63kB)
[img] Text
2.i.docx

Download (23kB)
[img] Text
2.ii.docx

Download (128kB)
[img] Text
3.1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
3.2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
4.1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
4.2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
5.1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
5.2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Buah Batu 03 terhadap pelajaran IPS pada materi perkembangan teknlogi yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 72%. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 88,5%, terjadi peningkatan sebesar 16,5% dari hasil evaluasi siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian motivasi siswa pada siklus I yaitu 70,4%. Pada siklus II motivasi siswa dalam belajar meningkat sebanyak 88,8%. Artinya adanya peningkatan motivasi yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Discovery Learning meningkat 18,4% dari hasil motivasi siklus I. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan evluasi siklus I dan evaluasi siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan evaluasi siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 88,8%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:07
Last Modified: 02 Sep 2016 14:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item