PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

SARINA ENI, 125060040 (2016) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
5. BAB II KAJIAN TEORITIS.docx

Download (99kB)
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri Lengkong Besar dengan menggunakan model picture and picture. Penelitian ini didasari dari kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang diginakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian RPP, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, lembar evaluasi siswa dan angket untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan melihat hasil penilaian aktivitas belajar siswa yang memperoleh nilai 3,33 pada siklus I dan memperoleh nilai 3,70 pada siklus II. Hal itu tentu sudah dianggap berhasil karena telah terjadi peningkatan dengan kategori yang sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar siswa yang pada data awal hanya 55% saja yang dinyatakan tuntas, kemudian siklus I meningkat menjadi 75% dan siklus II meningkat menjadi 87% dinyatakan tuntas dari keseluruhan siswa sebanyak 36 orang. Hal itu tentu sudah melebihi target yaitu sebesar 70% siswa yang dinyatakan tuntas. Dengan demikian, penggunaan model picture and picture terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model picture and picture, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Sep 2016 13:56
Last Modified: 02 Sep 2016 13:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item