Nurul Hanifah, Luthfia PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
Artikel Tesis_Luthfia NH_238060016.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran buku saku berbasis integrasi teknologi terhadap peningkatan literasi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar (Audio, Visual dan Kinestetik). Penelitian ini merupakan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) dengan mix methode embeded design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas III SDN 134 Panorama di Kota Bandung dengan sampel penelitian sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dan efektivitas yang sangat tinggi, di mana gaya belajar peserta didik didominasi oleh kecenderungan visual yang juga meraih rata-rata skor literasi tertinggi. Meskipun secara statistik tidak ditemukan perbedaan peningkatan yang signifikan antar tipe gaya belajar melalui uji One-Way Anova, penggunaan media ini terbukti secara nyata meningkatkan kemampuan literasi matematis seluruh peserta didik secara signifikan, menegaskan bahwa buku saku efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran yang inklusif bagi berbagai karakteristik gaya belajar di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 03:19 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 03:19 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/82007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
