Puteri, Cahyani Adzkarina and Sunata, Sunata and Herlina, Hesti and Iskandar, Dadang (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar. pp. 1-9.
|
Text
ARTIKEL PKMM Cahyani_.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data diambil dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Rancamanyar 01 yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 20 perempuan. Pada awal pra-penelitian (prasiklus) presentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 30% (12 peserta didik). Setelah diberikan tindakan pada siklus I presentase meningkat sebesar 29% sehingga menjadi 54% (18 peserta didik). Kemudian pada siklus I ke siklus II hasil penelitian menunjukkan kenaikan sebesar 32% dan hasil akhir yang diperoleh adalah 86% (34 peserta didik). Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwasannya penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning, Canva, Matematika.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | DOCUMENT |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:21 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
