PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Amanda, Sukma Ayu and Sunata, Sunata and Nofiyanty, Nofiyanty and Iskandar, Dadang (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar. pp. 1-10.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL PTK PKMM SUKMA AYU 215060110_.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam sosial (IPAS) materi transformasi energi kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media baamboozle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rancamanyar 01 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes tulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 42% (19 peserta didik), dengan rata-rata nilai 57. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 65% (29 peserta didik), dengan rata-rata nilai 67. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 77% (35 peserta didik), dengan rata-rata nilai 75,5. Pada tahap akhir yaitu siklus ke III presentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 81% (36 peserta didik), dengan rata-rata nilai 76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Baamboozle

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:10
Last Modified: 18 Dec 2025 02:10
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81987

Actions (login required)

View Item View Item