PENGARUH INFLUENCER, ELECTRONIC WORLD OF MOUTH (E-WOM) DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP CUSTOMER TRUST SERTA DAMPAKNYA PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INVESTOR GEN-Z PENGGUNA PLATFORM WEALTH- TECH DI INDONESIA

EDRI, FAUZAN PENGARUH INFLUENCER, ELECTRONIC WORLD OF MOUTH (E-WOM) DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP CUSTOMER TRUST SERTA DAMPAKNYA PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INVESTOR GEN-Z PENGGUNA PLATFORM WEALTH- TECH DI INDONESIA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
artikel perpus EDRI FAUZAN (DIM).pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan pesat platform wealth-technology (wealth-tech) di negara berkembang telah mengubah cara investor Generasi Z dalam mengevaluasi dan mengadopsi layanan keuangan. Meskipun memiliki tingkat literasi digital yang tinggi, banyak pengguna Gen-Z masih rentan terhadap pengambilan keputusan berbasis heuristik akibat keterbatasan pengetahuan keuangan dan ketergantungan yang kuat pada isyarat media sosial. Penelitian ini mengembangkan model berbasis kepercayaan yang terintegrasi untuk mengkaji bagaimana kredibilitas influencer, electronic word-of-mouth (e-WOM), dan keterlibatan media sosial membentuk kepercayaan digital, serta dampaknya terhadap keputusan pembelian pada aplikasi wealth-tech. Dengan mengacu pada Source Credibility Theory, Trust Transfer Theory, dan kerangka keterlibatan digital, data dikumpulkan dari 255 pengguna Gen-Z melalui teknik purposive sampling. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk memvalidasi model pengukuran dan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer, kualitas e-WOM, dan keterlibatan media sosial secara signifikan meningkatkan kepercayaan pelanggan, yang selanjutnya berperan kuat dalam memprediksi keputusan pembelian. Kepercayaan berfungsi sebagai mekanisme mediasi utama yang menegaskan perannya dalam mengurangi persepsi risiko keuangan. Studi ini memperkaya literatur pemasaran digital dan fintech dengan mengintegrasikan berbagai jalur persuasi online ke dalam satu model pembentukan kepercayaan yang komprehensif.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:49
Last Modified: 17 Dec 2025 01:49
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81979

Actions (login required)

View Item View Item