mplementasi Pendekatan Deep Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar

nur sabila, Dinda (2025) mplementasi Pendekatan Deep Learning Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. UNSPECIFIED thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
DINDA (MPM).pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pendekatan Deep Learning dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Cisaga pada peserta didik kelas VIII dengan metode mixed methods desain sequential explanatory. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar, wawancara, respons siswa, serta observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Deep Learning berbantuan Canva lebih efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan metode konvensional. Siswa kelas eksperimen memiliki pemahaman konsep yang lebih mendalam serta kemampuan analitis yang lebih baik. Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen juga lebih tinggi karena pembelajaran berbasis Canva bersifat menarik, interaktif, dan memberikan visualisasi yang konkret. Selain itu, ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar, sehingga keduanya berkembang secara independen. Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran Digital; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Bermakna; Pembelajaran Abad 21; Media Interaktif dalam Pendidikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:43
Last Modified: 10 Dec 2025 01:43
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81940

Actions (login required)

View Item View Item