Patimah, Ai (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SELF ESTEEM SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAS AL HANAFIYAH SUKARESIK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Full text not available from this repository.Abstract
Patimah, Ai. 2024. “ Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Self Esteem Siswa dalam Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerpen Melalui Model Pembelajaran Generatif Learning Pada Peserta Didik Kelas X MAS Al-hanafiyah “. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing : Dr. Dheni Hermaen, BA.,M.Sn. Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Self Esteem, Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerpen, Model Pembelajaran Generatif Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerpen melalui penerapan model pembelajaran generatif Learning. Kemampuan berpikir kritis dan self-esteem merupakan aspek penting yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran sastra. Model pembelajaran generatif dipilih karena model ini mendorong siswa untuk secara aktif terlibat dalam proses belajar, membangun pengetahuan mereka sendiri, serta menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al-hanafiyah Sukaresik. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kemampuan berpikir kritis, angket self-esteem, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat peningkatan kemampuan siswa setelah penerapan model pembelajaran generatif learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerpen. Selain itu, self-esteem siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan melalui peningkatan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran generatif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa pada pembelajaran sastra.
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Subjects: | RESEARCH REPORT |
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 10 May 2025 04:08 |
| Last Modified: | 10 May 2025 04:08 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
