PENERAPAN WEB-BASED MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM SARAF

PASUNDANI AMALIA WIDIA, 205040030 (2025) PENERAPAN WEB-BASED MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM SARAF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran webbased multiple representation terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem saraf. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya penguasaan konsep biologi, khususnya pada materi sistem saraf yang bersifat abstrak dan sulit divisualisasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 27 peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Al-Mas`udiyah Bandung tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan penguasaan konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran web-based multiple representation dengan kategori peningkatan sedang, terdapat peningkatan kemampuan yang signifikan pada setiap indikator kemampuan penguasaan konsep, pada indikator pertama yaitu menunjukkan terdapat peningkatan sebesar 47,58% pada indikator kedua yaitu menjelaskan terdapat peningkatan sebesar 59,68% pada indikator ketiga yaitu mendemonstrasikan terdapat peningkatan sebesar 64,51% pada indokator keempat yaitu menganalisis terdapat peningkatan sebesar 28,23% dan pada indikator terakhir yaitu membuat berjumlah 95,97%. Pemanfaatan web-based multiple representation berpengaruh positif dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem saraf dengan peningkatan. Disarankan kepada peneliti selanjutnya, pastikan akses internet yang memadai ketika akan login ke web tersebut. Siapkan rancangan cadangan jika terjadi gangguan teknologi. Sediakan perangkat cadangan jika perangkat utama mengalami gangguan. Buat forum diskusi online untuk meningkatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Adakan sesi live untuk diskusi dan tanya jawab. Kata Kunci: Web-based, Multiple Representation, Penguasaan Konsep, Sistem Saraf.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Dec 2025 04:32
Last Modified: 18 Dec 2025 04:32
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81994

Actions (login required)

View Item View Item