KIRANA PARAWITHA, ASTYA (2025) METODE PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY BERDASARKAN VARIABEL KONTROL MOTIVASI (Studi Eksperimen Peningkatan Kompetensi Perawat di Rumah Sakit Hermina Pasteur Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
ASTYA KIRANA PARAWITHA_JURNAL.docx Download (70kB) |
Abstract
Meningkatnya kompleksitas pelayanan kesehatan menuntut perawat memiliki kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keyakinan diri yang baik dalam mengambil keputusan klinis. Penelitian ini menganalisis efektivitas metode Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy perawat dengan mempertimbangkan perbedaan tingkat motivasi. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimental pretest–posttest dengan kelompok intervensi (PBL) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Responden dipilih dengan purposive sampling pada perawat level 1A RS Hermina Pasteur Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok PBL mengalami peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy dibanding kelompok konvensional (p < 0,05). Perawat dengan motivasi tinggi memperoleh peningkatan skor terbesar, disusul motivasi sedang dan rendah. Kesimpulannya, PBL efektif sebagai metode pelatihan untuk meningkatkan kompetensi perawat dan direkomendasikan sebagai bagian dari strategi pengembangan SDM rumah sakit. Kata Kunci: Problem Based Learning, pemecahan masalah, self-efficacy, motivasi, pelatihan perawat.
| Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
|---|---|
| Subjects: | RESEARCH REPORT |
| Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 06:55 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 06:55 |
| URI: | https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
