PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN LINOIT TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN BURUJULWETAN II

Dzaky Muhammad, 215060050 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN LINOIT TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN BURUJULWETAN II. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan masih berpusat pada guru, sehingga proses belajar menjadi pasif dan kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Linoit terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN Burujulwetan II. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbantuan Linoit dan kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instructional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji normalitas menunjukkan seluruh data memiliki nilai signifikansi > 0,05, sehingga berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,896 (> 0,05), yang berarti kedua kelompok memiliki varians yang homogen. Selanjutnya, hasil uji hipotesis menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menandakan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,82, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 78,54. Analisis normalized gain (N-Gain) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,40 pada kelas eksperimen dan 0,36 pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning berbantuan Linoit efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, serta mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan bermakna sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Kata Kunci: Project Based Learning, Linoit, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Oct 2025 03:33
Last Modified: 31 Oct 2025 03:33
URI: https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81667

Actions (login required)

View Item View Item