PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TRI NUR FATIKHAH, 115030126 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR STRUKTUR TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA PERNYATAAN PENDAPAT (TESIS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)

Abstract

Mengidentifikasi adalah suatu proses mengurutkan atau menjabarkan informasi dalam paragraf maupun bentuk tulisan lain. Metode directed reading thinking activity (DRTA) adalah suatu strategi yang mem-fokuskan keterlibatan siswa dalam memprediksi dan membuktikan prediksinya ketika mereka membaca teks. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Struktur Teks Eksposisi Berfokus pada Pernyataan Pendapat (Tesis) dengan Menggunakan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Bandung Tahun Pelajaran 2015/216”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Apakah penulis mampu melak-sanakan pembalajaran mengidentifikasi teks eksposisi yang berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) melalui metode Directed Reading-Thinking Activity pada siswa kelas X SMKN 4 Bandung? (2) Apakah siswa kelas X SMKN 4 Bandung mampu mengidentifikasi pernyataan pendapat dalam teks eksposisi melalui metode Directed Reading-Thinking Activity? (3) Efektifkah metode Directed Reading-Thinking Activity digunakan dalam pem-belajaran mengidentifikasi teks eksposisi yang berfokus pasa pernyataan pendapat (tesis) pada siswa kelas X SMKN 4 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi yang berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) dengan menggunakan metode Directed Reading-Thinking Activity pada siswa kelas X SMKN 4 Bandung tahun pelajaran 2014-2015. (2) Siswa kelas X SMKN 4 Bandung tahun pelajaran 2014-2015 mampu mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi yang berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) dengan menggunakan metode Directed Reading-Thinking Activity. (3) Metode Directed Reading-Thinking Activity efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi yang berfokus pada pernyataan pendapat pada siswa kelas X SMKN 4 Bandung. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis menyim-pulkan hal-hal sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) dengan menggunakan metode directed reading thinking activity (drta). Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan nilai 3,52 dan termasuk pada kategori baik sekali. 2. Siswa kelas X SMK Negeri 4 Bandung mampu mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) dengan menggunakan metode directed reading thinking activity (drta). Hal ini terbukti dari nilai pretest 0,9 dan nilai rata-rata posttest 3,2. Sehingga selisih nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar 2,3. 3. Metode directed reading thinking activity efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi pada siswa kelas X. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik manual dengan diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,46 > 2,06. Dalam tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 23. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran mengidentifikasi unsur struktur teks eksposisi yang berfokus pada pernyataan pendapat (tesis) dengan menggunakan metode directed reading thinking activity (DRTA) berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, Teks Eksposisi, Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:05
Last Modified: 21 Mar 2016 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item