PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE U, Lusi Pebriani (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. Halaman Sampul.docx Download (44kB) |
|
Text
7. Abstrak.docx Download (21kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (33kB) |
|
Text
Bab II.docx Download (251kB) |
|
Text
Bab III.docx Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
Bab IV.docx Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
Bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (59kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi melalui model picture and picture. Model picture and picture adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dalam operasionalnya, gambar-gambar tersebut dipasangkan satu sama lain atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran picture and picture yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, pernyataan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan atau generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata siklus I yaitu 75 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 83. Hasil belajar siklus I pada pretes nilai rata-rata yaitu 58 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 68, dan hasil belajar siklus II pada pretes nilai rata-ratanya 68 sedangkan pada post tes nilai rata-ratanya 78. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Kopo Elok Bandung. Kata kunci: cooperative learning tipe picture and picture, motivasi, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 14:57 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 14:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9814 |
Actions (login required)
View Item |