SELVI MULYAWATI, 125060046 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover skripsi.docx Download (53kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (14kB) |
|
Text
abstrak inggris dan sunda.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar yang ditunjukan oleh siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan guru/pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak memberikan perubahan, sehingga berdampak pada nilai yang masih banyak di bawah KKM. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Dalam hal ini untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa, peneliti memilih untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan latar belakang, penulis merasa perlu untuk merumuskan apa yang menjadi permasalahan dalam hal ini yaitu apakah model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan tekonologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri Gumuruh 8 Kota Bandung. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus I menunjukkan nilai kreativitas siswa yaitu 1,99, dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada kegiatan pretest sebesar 43,3% dan post test sebesar 63,3%. Pada siklus II menunjukkan nilai kreativitas siswa yaitu 4,00, dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada kegiatan pretest sebesar 66,7% dan post test sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri Gumuruh 8 Kota Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran KTSP. Kata kunci : Model pembelajaran Discovery Learning, kreativitas, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 14:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 14:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9796 |
Actions (login required)
View Item |