WINDA AYUNINGTYAS, 125060097 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN IPA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (31kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
bab 1 halaman 2new.doc Download (64kB) |
|
Text
bab 1 halaman 2new.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II jdi.doc Download (593kB) |
|
Text
BAB II jdi.docx Download (429kB) |
|
Text
BAB III new baru banget2.doc Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
BAB III new baru banget2.docx Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
BAB IV fix 2.doc Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV fix 2.docx Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas I SDN Kebon Gedang 2 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya strategi PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi PAKEM pada mata pelajaran IPA materi Cuaca. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas I dengan menggunakan Strategi PAKEM menghasilkan peningkatan motivasi belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75 ( cukup baik), siklus II sebesar 84 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68 (kurang), siklus II sebesar 78 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi PAKEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Cuaca. Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar, strategi PAKEM.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 17:22 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 17:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9714 |
Actions (login required)
View Item |