UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI DALAM MATA PELAJARAN IPA GERAK BENDA PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BANDUNG

EUIS DAWATI, 085060185 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI DALAM MATA PELAJARAN IPA GERAK BENDA PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
halaman pengesahan dan motto persembahan daftar isi.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB I 2003.doc

Download (151kB)
[img] Text
BAB II 2003 (pa daIs).doc

Download (470kB)
[img] Text
BAB III 2003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV 2003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V 2003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka 2003.doc

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan gerak benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 4 Kota Bandung dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai soal pretes, postes dan hasil observasi. Sebagai tolak ukur keberhasilan rata-rata kelas yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu ≥70. Hasil observasi menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil siklus I dan siklus II nilai yang diperoleh dari rata-rata kelas dapat meningkat. Simpulan yang dapat diambil, setelah melakukan penelitian melalui model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III siswa SD Muhammadiyah 4 Kota Bandung pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan gerak benda. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 13:32
Last Modified: 31 Aug 2016 13:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9681

Actions (login required)

View Item View Item