PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN COMPACT DISC (CD) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI

Udin Sasmita, NPM. 118612026 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN COMPACT DISC (CD) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen berdesain perbandingan antara kelompok, menelaah, mendeskripsikan, dan membandingkan tentang pengaruh penggunaan Compact Disc (CD) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pada motivasi belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 50 orang siswa kelas XI Program IPA SMA Negeri 1 Telagasari dan penelitian dilakukan pada semester IV tahun ajaran 2012/2013, terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan CD pembelajaran dan kelas kontrol dengan pendekatan konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan awal komunikasi matematis, tes kemampuan matematis setelah proses pembelajaran selesai, angket motivasi belajar, dan angket skala sikap terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan CD. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat, uji F, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal komunikasi matematis tidak memberi perbedaan yang signifikan antara siswa yang akan mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan Compact Disc (CD) dengan siswa yang akan mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Sedangkan setelah selesai pembelajaran kemampuan komunikasi matematis kedua kelas berbeda secara signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan skor gain ternormalisasi untuk kedua kelas, yaitu untuk kelas eksperimen rata-rata peningkatannya sebesar 64,38% dan untuk kelas kontrol rata-rata peningkatannya sebesar 49,31%, jadi peningkatan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, bahkan peningkatan kemampuan matematis dikatagorikan dengan peningkatan tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian motivasi belajar kedua kelas dibandingkan dan hasilnya adalah motivasi belajar kedua kelas berbeda secara signifikan dalam belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari jumlah skor rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 85,88, dan untuk kelas kontrol jumlah skor rata-rata motivasinya sebesar 81,68, jadi motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan secara keseluruhan, siswa memiliki sikap yang positif pada pelajaran matematika dan penggunaan Compact Disc (CD) dalam pembelajaran matematika, ini dapat dilihat dari jumlah skor rata-rata sikap siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan CD yaitu 77,32, khususnya pada materi turunan fungsi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru agar mengadakan perbaikan pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan Compact Disc (CD) pembelajaran, untuk semua pimpinan sekolah agar menyediakan sumber-sumber belajar yang variatif diantaranya CD pembelajaran, dan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan populasi yang lebih besar terdiri dari beberapa sekolah, sehingga penggunaan CD pembelajaran menjadi lebih luas. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, CD pembelajaran, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 30 Aug 2016 14:55
Last Modified: 30 Aug 2016 14:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item