RIANA RISMAWANTI, 105060346 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA MATERI MEMBUAT DENAH DAN PETA LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER., kt pengantar, abstrak.docx Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB 3.docx Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR%20PUSTAKA.docx Download (21kB) |
Abstract
Berdasarkan studi awal, penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPS tentang membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah, kelas III SDN Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat belum mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut diketahui karena adanya permasalahan, siswa belum memahami secara pasti mengenai pembahasan materi karena siswa hanya menyimak ceramah dari guru. Secara mendasar, pembelajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. Pada jenjang pendidikan dasar, ruang lingkup pengajaran IPS dibatasi sampai pada gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah. Terutama gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar siswa SD. Sebagaimana telah dikemukakan di atas, bahwa yang dipelajari IPS adalah manusia sebagai anggota masyarakat dalam konteks sosialnya, ruang lingkup kajian IPS meliputi: substansi materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat, gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat. Melalui kegiatan Picture and Picture, pembelajar mencoba mengekspresikan hubungan-hubungan antar manusia dengan cara memperagakannya, bekerja sama dan mendiskusikannya, sehingga secara bersama-sama pembelajar dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah. Atas dasar penjelasan tujuan dan ruang lingkup konsep-konsep diatas maka konsep tersebut amat penting dipahami oleh siswa. Picture and Picture adalah teknik yang luar biasa bermanfaat untuk mewujudkan kehidupan yata di dalam kelas. Metode menggambar akan membangkitkan minat siswa terhadap materi yang diajarkan dan memacu siswa untuk memandang suatu permasalahan dari sudut yang berbeda. Oleh karena siswa dilibatkan sepenuhnya dalam pembelajaran, maka teknik ini mengembangkan dimensi emosi, psikomotor, dan kognisi siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 14:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 14:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9401 |
Actions (login required)
View Item |