Erlin Fitria Ningrum, 105060262 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD PARANGGONG KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1.COVER SKRIPSI.docx Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
7. ABSTRAC- selesai.docx Download (15kB) |
|
Text
7. ABSTAK english ERLIN.docx Download (14kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
3.UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
13.BAB I ACC.docx Download (73kB) |
|
Text
14.BAB II- ACC.docx Download (70kB) |
|
Text
15.BAB III-ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
16. BAB IV - ACC.docx Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
17.BAB V ACC ERLIN.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan SD Paranggongkelas IV pada sub tema Bersyukur atas Keberagaman untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan rasa Percaya Diri Peserta Didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Pendekatan penelitian ini yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ialah suatu bentuk penelitian dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih berkualitas sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem siklus dengan jumlah siklus yang digunakan ialah 2 siklus dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan tes evaluasi (fretes dan postes), lembar observasi guru dan siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model DiscoveryLearning. Dalam proses pembelajaran pada sub tema Bersyukur Atas Keberagaman dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mencapai peningkatan dari pra siklus fretes siklus I 29,41%, postes siklus I 58,82% dan siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar fretes siklus II 66,66% dan postes siklus II 88,88% selain itu hasil hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan. Setelah penggunaan pendekatan dengan model Discovery Leraning siklus I nilai rata-rata menjadi 75 Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80 Sehingga pembelajaran model Discovery Learning. Dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan pemahaman konsep dan meningkatkan rasa percaya diri belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning,Pemahaman Konsep dan Percaya diri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 12:48 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 12:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9304 |
Actions (login required)
View Item |