PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA

FITRIA MEI YULISTIAWATI, 115060333 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1.COVER.doc

Download (199kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
3. Motto.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
5. ABSTRAK english.docx

Download (18kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.doc

Download (902kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian dirapihkeun.doc
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV Pembahasan lagi coba dirapihkeun.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Penutup.doc
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA alfabeth.doc

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini diteliti oleh Ftria Mei Yulistiawati di kelas IV SDN Margahayu Raya 3 Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. Latar belakang masalah motivasi dan hasil belajar peserta didik yang rendah pada pelajaran IPA dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik sehingga membuat motivasi belajar peserta didik rendah dan nilai dibawah KKM. Adapun rumusan masalah, Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam Pembelajaran IPA?. Peneliti juga mengemukakan enam pertanyaan penelitian yaitu: (1) Bagaiman prestasi belajar peserta didik sebelum mengikuti proses pembelajaran?; (2) Bagaimana motivasi peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT?; (3) Bagaimana aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran?; (4) Bagaiman dokumen pembelajaran yang disiapkan oleh guru?; (5) Bagaimana prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT?; (6) Bagaimana aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT?. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui bagaiman perencanaan dengan menggunakan penerapan metode NHT; (2) Mengetahui bagaimana proses aktivitas peserta didik dan guru terhadap model NHT; (3) Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar setelah mengikuti model NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Objek penelitian adalah siawa kelas IV SDN Margahayu Raya 3 Kec. Buah Batu. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi, lembar observasi dokumen guru, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian model NHT yaitu: (1)Perolehan nilai pada tahap pretest siklus I yaitu 79% peserta didik belum mencapai KKM dan 21% peserta didik sudah mencapai KKM dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu yaitu 57% telah mencapai KKM dan 43% peserta didik belum mencapai KKM; (2) Motivasi pada siklus I mencapai 59% peserta didik setuju, 21% peserta didik netral, 21% peserta didik tidak setuju dan siklus II mencapai 83% peserta didik setuju, 12% peserta didik netral, 5% Peserta didik tidak setuju ; (3) Berdasarkan aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 70% dan siklus II 85%; (4) Berdasarkan dokumen pada siklus I mencapai 75% dan siklus II 93%; (5) Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 40% dan siklus II mencapai 86%. Dengan demikian maka pembelajaran menggunakan NHT dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran NHT, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2016 12:49
Last Modified: 13 Aug 2016 12:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item