SITI NURSHIAMI SUMIRAH, 085060189 (2016) PENERAPAN MODEL POBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCARI INFORMASI MELALUI WAWANCARA TENTANG PENTINGNYA AIR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Abstrak.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB I Cme.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II Cme.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB III Cme.docx Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
BAB IV cme.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
CURICULUM VITAE.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mencari informasi melalui wawancara dengan Model Problem Based Learning pembelajaran tematik, tema Peristiwa Dalam kehidupan subtema Macam-macam Peristiwa Dalam Kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung dan di latar belakangi oleh keadaan pesera didik yang tidak pernah melakukan wawancara selama proses pembelajaran karena guru lebih sering menggunakan Metode Ceramah dan belum menggunakan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model Problem Based Learning yang terdiri atas 5 sintaks tahap pembelajaran yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan kemampuan peserta didik selama proses kerja ilmiah yang di lakukan secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan mencari informasi, pada siklus 1 hanya 2 kelompok yang tuntas atau 74% kelompok yang tuntas dan pada siklus 2 meningkat semua kelompok tuntas atau 90% kelompok tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat menumbuhkan keterampilan mencari informasi pada kelompok peserta didik dalam melakukan wawancara tema Peristiwa Dalam kehidupan subtema Macam-macam Peristiwa Dalam Kehidupan SDN Rancagede Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Mencari Informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 14:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 14:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8671 |
Actions (login required)
View Item |