Erna Nurul Fatonah, 115060175 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
halaman depan 1.docx Download (49kB) |
|
Text
halaman depan 2.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
bab 1 dan 2 siap print.docx Download (85kB) |
|
Text
bab 3 siap print.docx Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
BAB V siap.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery learning dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Peraturan Perundang-undangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Cibeunying 1 Kecamata Majalaya Kabupaten Bandung yang tidak menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya masih banyak yang belum mencapai KKM mata pelajaran PKn yaitu 60. Sehingga perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes digunakan untuk mengetahui disiplin dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan sikap disiplin dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pretes dan postes dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I disiplin siswa yang memperoleh kriteria tercapai sebesar 35% sedangkan hasil belajar siswa sebesar 91% memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II diperoleh hasil disiplin siswa meningkat sebesar 75% dan hasil belajar siswa meningkat sebesar 96% yang memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Peraturan Perundang-undangan di kelas V SDN cibeunying 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Dengan demikian model Discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran PKn. Kata Kunci: discovery Learning, Disiplin, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 15:35 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 15:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8398 |
Actions (login required)
View Item |