ALDI IKMAL, 115060229 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PEDULI LINGKUNGAN SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover dan Lembar pengesahan Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I pendahuan.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB II T!njauan pusta.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI ALDI.docx Download (91kB) |
|
Text
BAB III M pnelitian.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB III Metode penelitian.docx Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
BAB IV no.83 .docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
BAB V hlm.196.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
BAB V sudah.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan peduli lingkungan serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mekar Jaya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung pada mata pelajaran IPA dengan Standar Kompetensi Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan dan Kompetensi Dasar mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan peduli lingkungan serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 53,3% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 46,7% , dan siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 93% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 7%. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap rasa ingin tahu, dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 12:31 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 12:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8271 |
Actions (login required)
View Item |