Johan Burhanudin, 115060235 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGENAI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (44kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
motto dan persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN johan .docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK johan .doc Download (35kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan ucapan terimakasih.docx Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
BAB 1 johan fix you.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB III johan fix youu.docx Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
BAB IV johan.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V Johan .docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pamoyanan dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Keesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 71.42 sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 76,90 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia di kelas V SDN Pamoyanan. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning tipe picture and picture, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 18:19 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 18:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8268 |
Actions (login required)
View Item |