Sumarni, Neni (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA MEKARBUANA BERBASIS DELTA MODEL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK WISATA (Studi Kasus Pariwisata Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang) DEVELOPMENT OF A DELTA MODEL BASED TOURISM MARKETING STRATEGY FOR MEKARBUANA IN INCREASING SALES (Case Study of Tourism in The Village of Mekarbuana, Tegalwaru District, Karawang Regency). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
Artikel Neni Sumarni_DIM.docx Download (240kB) |
Abstract
Karawang dengan potensi pariwisata yang sangat berkembang di beberapa daerah nya, memiliki kesempatan untuk semakin meningkatkan pariwisata nya yang mengacu pada sebuah Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah, serta peraturan daerah Kabupaten Karawang nomor 18 tahun 2016 : tentang penyelenggaraan pengelolaan pariwisata kabupaten Karawang, diharapkan kabupaten Karawang dapat mengembangkan wisata pada daerahnya. Desa Mekarbuana memiliki potensi kawasan wisata yang sangat besar. Dengan objek utama yaitu wisata alam gunung Sanggabuana dan Curug Namun pengelolaan pariwisata baik pemasaran maupun manajemen pariwisata belum terkelola secara maksimal, hal ini ditunjukkan dengan tidak pasti nya harga tiket masuk ke area wisata alam Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, bersifat eksploratory research dan pendekatan induktif. Sumber data melalui observasi dan wawancara ke wisata Mekarbuana yang dikelola oleh, Bumdes Buana Mekar, Pokdarwis, dan Masyarakat yang dilibatkan dalam pengelolaan pariwisata Mekarbuana, Dinas Pariwisata Kabupaten Karawang, pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata, dan expert judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan pariwisata belum mengacu pada prinsip pariwisata 5A, belum adanya rumusan strategi pemasaran pariwisata yang disusun dan dibuat secara konkrit. Posisi wisata Mekarbuana berada pada kuadran II, dimana wisata Mekarbuana dapat melakukan pengembangan disegala dimensi wisatanya. Perumusan pengembangan strategi pemasaran menggunakan formulasi analisis SWOT dan merumuskan strategi Delta Model dalam menciptakan nilai pelanggan, melalui Business Adaptive Processes (operational effectiveness, customer targeting, innovation) yang akan berimplikasi pada peningkatan penjualan. Kata Kunci : Analisis SWOT, Formulasi Strategi Delta Model,Business Adaptive Processes.
| Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
|---|---|
| Subjects: | RESEARCH REPORT |
| Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2025 |
| Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:52 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:59 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
