Syifa Nabila Gina, 215060141 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Ekperimen Kelas IV Muatan Pembelajaran IPAS, SDN Cikasungka 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (819kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar adalah kondisi belum optimalnya pencapaian hasil belajar peserta didik, pada mata pelajaran (IPAS). Hal ini dipengaruhi kurangnya model pembelajaran yang diterapkan, rendahnya keterlibatan aktif peserta didik, keterbatasan komunikasi selama proses pembelajaran, serta pengajaran yang masih terpusat pada guru. Keadaan tersebut menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan menempatkan peserta didik sebagai subjek aktif dalam proses belajar sehingga dapat mendorong komunikasi yang efektif, terutama komunikasi antar siswa sekolah dasar dalam bertukar pendapat, bekerja sama, dan saling membantu memahami materi pembelajaran. Namun, dalam praktiknya masih sering terjadi kesalahan dalam proses komunikasi antar siswa sekolah dasar, seperti salah memahami instruksi, kurangnya kemampuan menyampaikan pendapat dengan jelas, serta kurangnya sikap saling menghargai saat berinteraksi. Penelitian ini bertujuan pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan komunikasi peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Cikasugka 01. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain eksperimen, sedangkan data melalui tes (posttest dan Pretest) observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sangat baik, dengan rata-rata observasi guru sebesar 91,7% dan peserta didik sebesar 81%. Selain itu, perbedaan signifikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikansi posttest sebesar 0,031 menunjukkan perbedaan nyata, sementara nilai effect size sebesar 0,68 berada kategori tinggi. Temuan membuktikan model PBL berbantuan media flashcard mampu meningkatkan hasil belajar sekaligus keterampilan komunikasi peserta didik. Dengan demikian, model ini layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Flashcard, Hasil Belajar, Komunikasi, IPAS, Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:39 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 07:39 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
