PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIGBOOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

WICAKSONO MUHAMMAD GUFRAN, 21506018 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIGBOOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Banyak siswa cenderung pasif dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide, baik secara lisan maupun tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Big Book terhadap peningkatan kemampuan komunikasi siswa kelas III di SDN 232 Blok Sawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas III A sebagai kelompok eksperimen (28 siswa) yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan PjBL berbantuan Big Book, dan kelas III B sebagai kelompok kontrol (28 siswa) yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL tanpa Big Book. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterampilan komunikasi siswa yang telah divalidasi ahli, serta pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan komunikasi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta pelaksanaan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Selain itu, perhitungan gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan sebesar 58% pada kelompok eksperimen dan 55% pada kelompok kontrol. Uji effect size menghasilkan nilai 1,18, yang termasuk dalam kategori efek besar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantuan media Big Book lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dibandingkan dengan model Project Based Learning tanpa Big Book. Kata Kunci: Project Based Learning, Big Book, keterampilan komunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Nov 2025 09:03
Last Modified: 03 Nov 2025 09:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81687

Actions (login required)

View Item View Item