REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA URBAN PADA FILM TRAP (2024)

Prayitno, Rahma Aulia Putri (2025) REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA URBAN PADA FILM TRAP (2024). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER - REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA URBAN PADA FILM TRAP.docx

Download (58kB)
[img] Text
daftar pustaka - skripsi - rahma.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan - Skripsi .docx

Download (18kB)
[img] Text
kata pengantar - skripsi - rahma.docx

Download (22kB)
[img] Text
Abstrak 3 bahasa.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi - Rahma .docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1 - SKRIPSI - RAHMA.docx

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2 - SKRIPSI - RAHMA .docx

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Identitas Budaya Urban Pada Film Trap 2024”. Film ini merupakan film yang menceritakan tentang kejahatan yang tersembunyi di sudut kota, kemudian memanfaatkan salah satu budaya urban yang sangat digemari oleh masyarakat urban yakni konser untuk menangkap penjahat tersebut dalam film ini juga menampilkan perilaku masyarakat urban yang nyata terjadi di Amerika Serikat. Film ini merupakan salah satu alat komunikasi media massa dalam bentuk audiovisual yang mana dapat menyampaikan pesan secara menyeluruh. Maka dari itu menggunakan Film Trap menjadi objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pesan dan makna yang terkandung dalam denotasi, konotasi, dan juga mitos yang terkandung dalam Film Trap 2024. Serta untuk mengetahui scene yang merepresentasikan identitas dari budaya urban Amerika Serikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Untuk menganalisis makna apa saja yang terkandung dari adegan – adegan Film Trap. Serta menggunakan Interpretivisme konstruktivis untuk mencari makna berdasarkan pengetahuan dan pemahaman individu melalui interaksi dengan pengalaman – pengalaman yang mereka alami. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) film Trap menampilkan identitas budaya urban terkuat yakni sebuah konser. 2) terdapat 11 (sebelas) scene dari total 25 (dua puluh lima) scene yang mengandung makna denotasi menegenai representasi budaya urban dan masyarakat urban dari film Trap 2024. 3) terdapat 11 (sebelas) scene dari total 25 (dua puluh lima) scene yang mengandung makna konotasi menegenai representasi budaya urban dan masyarakat urban dari film Trap 2024. 4) mitos yang muncul dalam film Trap adalah scene terkuat budaya urban yakni yang menampilkan konser itu sendiri. Kata kunci: Budaya Urban, Konser, Semiotika, interpretivisme konstruktivis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:55
Last Modified: 27 Oct 2025 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81616

Actions (login required)

View Item View Item