IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Luluk Rohmah (2025) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Thesis(S2) thesis, PASCASARJANA UNPAS.

[img] Text
Jurnal Tesis Luluk.docx

Download (239kB)

Abstract

Siswa membutuhkan model pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan mendorong keterlibatan aktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan hubungan antara tingkat self-confidence dengan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEAM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri atas 68 siswa kelas IX SMPN 1 Kalijati yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbasis STEAM dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah, tes kreativitas matematis, dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan pendekatan STEAM efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara self-confidence dengan kedua kemampuan tersebut. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi cenderung menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan ide-ide kreatif yang lebih baik dalam menyelesaikan proyek. Kata kunci: Project-Based Learning, STEAM, pemecahan masalah, kreativitas, self-confidence

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:38
Last Modified: 21 Oct 2025 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81554

Actions (login required)

View Item View Item