Model Problem-Based Learning Berbasis Edpuzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-regulated Learning Siswa SMA

Zulha Azhari Azis (2025) Model Problem-Based Learning Berbasis Edpuzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-regulated Learning Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, PASCASARJANA UNPAS.

[img] Text
Artikel Tesis-Zulha Azhari Azis (238060017).pdf

Download (535kB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kreatif matematis menjadi aspek penting dalam pembelajaran matematika. Perkembangan kemampuan belajar siswa di dukung oleh penggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik. Namun fakta di lapangan menunjukan bahwa kurangnya kreativitas model pembelajaran yang digunakan sehingga kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model Problem-Based Learning berbasis Edpuzzle dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis jika ditinjau berdasarkan self-regulated learning Siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas X BUS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X BUS 2 sebagai kelas kontrol pada salah satu sekolah SMK di Kabupaten Bandung dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 31 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methode dengan metode Quasi Eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-regulated learning sebagai data kuantitatif serta teks wawancara sebagai data kualitataif. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diberikan model problem-based learning berbasis edpuzzle dapat menunjukkan peningkatan yang lebih baik terhadap kemampuan pemecahan masalahn dan berpikir kreatif jika ditinjau dari self-regulated learning dan terdapat tingkat korelasi yang rendah antara kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini mengindikasikan mengenai pemanfaatan media belajar yakni Edpuzzle untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif, inovatif dan kreatif. Kata Kunci: Edpuzzle, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem-Based Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:20
Last Modified: 21 Oct 2025 01:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81530

Actions (login required)

View Item View Item