STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH JASA MASSAGE JAW MCO PADA KALANGAN ATLET DI KABUPATEN SUMEDANG

Artika, Anbar Nuri (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WORD OF MOUTH JASA MASSAGE JAW MCO PADA KALANGAN ATLET DI KABUPATEN SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi komunikasi pemasaran word of mouth yang dijalankan oleh jasa massage JAW MCO yang sampai saat ini sudah memiliki banyak pelanggan dan penyebaran informasi mengenai jasanya tersebar dengan cepat. Hal tersebut dilihat dengan berdasar pada elemen word of mouth, yaitu talkers, topics, tools, taking part, serta tracking yang dilakukan oleh JAW MCO dalam menjalankan strateginya. Penelitian ini menggunakan teori atribusi kausal yang dikaji melalui elemen-elemen dari word of mouth. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa, 1) Dalam mengidentifikasi talkers JAW MCO melihat dari karakteristik-karakteristik konsumen yang dianggap dapat berpotensi menyebarkan informasi mengenai jasanya. 2) Topics yang disampaikan oleh konsumen dalam komunikasi word of mouth mendukung keberhasilan dari strategi yang dijalankan, di mana itu menjadi penentu keputusan calon konsumen untuk mencoba jasa tersebut. 3) Tools yang digunakan tepat dan menjadi penunjang dalam penyebaran informasi menjadi lebih cepat. 4) Taking part dari JAW MCO aktif merespons percakapan konsumen juga menerima kritik dan saran dari konsumen dan orang-orang sekitarnya. 5) Tracking, dalam hal ini JAW MCO belum melakukan tracking secara keseluruhan karena hanya mengevaluasi kemajuan atau keberhasilan strategi secara langsung, sedangkan untuk media sosial belum dilakukan karena masih perlu peningkatan dalam pemanfaatan dan pengelolaannya. Kata Kunci: Atribusi Kausal, Elemen Word of Mouth, Komunikasi Pemasaran Word of Mouth, Massage Cedera Olahraga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:49
Last Modified: 06 Oct 2025 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80358

Actions (login required)

View Item View Item