Ajang Cahyana Nurfalah, 115060252 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SRIRAHAYU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (23kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan ucpan terima kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK roy.doc Download (31kB) |
|
Text
Abstrack.doc Download (26kB) |
|
Text
Daftar ISI Fiks.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (87kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (1MB) |
|
Text
BAB III b .doc Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
Text
BAB IV fixs.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (36kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada pembelajaran Matematika materi pengukuran sudut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Srirahayu dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan minat belajar dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang terdiri dari 4 fase, yaitu memahami masalah, menyelesaikan masalah, membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian minat dan hasil tes belajar. Pada penilaian minat nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2.68 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 3.34. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 74.8 , dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 77,6. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Srirahayu. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Matematika dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, minat, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 15:58 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 15:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8001 |
Actions (login required)
View Item |