Muktiwiguna, Brilliant Muhammad (2025) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI CITRA POSITIF PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
5. Bab 2.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
4. Bab 1.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
12. Daftar Isi.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
11. Kata Pengantar.pdf Download (176kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam membangun citra positif melalui fitur Instagram Reels. Studi ini menganalisis empat tahapan strategi (Fact Finding, Planning, Communicating, dan Evaluating) untuk memahami bagaimana media sosial digunakan secara efektif dalam komunikasi pemerintahan. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa strategi Humas melalui media sosial, terutama Instagram, penting untuk membangun citra positif. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, studi ini berfokus secara spesifik pada strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam menggunakan fitur Instagram Reels untuk meningkatkan citra pemerintah di mata publik yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mewawancarai informan inti, ahli, dan pendukung. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan triangulasi, dan penelitian berlokasi di Humas Pemerintah Kota Bandung. Humas Pemerintah Kota Bandung berhasil membangun citra positif melalui akun Instagram @humas_bandung dengan menerapkan strategi komunikasi empat tahap : Fact Finding, Planning, Communicating, dan Evaluating. Strategi ini fokus pada pembuatan konten yang relevan dengan tren dan interaksi langsung dengan publik. Hasilnya, para pengikut menilai konten tersebut menarik, informatif, dan efektif dalam menyediakan informasi terkini. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi Humas Pemerintah Kota Bandung melalui akun Instagram @humas_bandung terbukti berhasil membangun citra positif. Strategi ini dijalankan melalui empat tahapan utama: Fact Finding (mencari isu dan referensi relevan), Planning (menyesuaikan konten dengan tren dan strategi city branding), Communicating (mengunggah konten informatif dan berinteraksi responsif dengan publik), dan Evaluating (mengukur efektivitas konten secara mingguan dan menganalisis sentimen publik). Konsistensi dan transparansi dalam pengelolaan media sosial ini dinilai efektif dalam mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja Pemerintah Kota Bandung. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Humas, Media Sosial, Reels Instagram, Citra Positif, Pemerintah Kota Bandung, Cutlip Center and Broom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |