STRATEGI KOMUNIKASI UNICEF INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA

Habib, Mohd. Nadzrizal (2025) STRATEGI KOMUNIKASI UNICEF INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi UNICEF Indonesia dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pendidikan Anak di Indonesia” (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @ureportindonesia). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh UNICEF Indonesia pada akun Instagram @ureportindonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teori New Media dan The Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage) yang dikembangkan oleh Regina Luttrell sebagai landasan analisis praktis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @ureportindonesia berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pendidikan anak di Indonesia melalui strategi komunikasi yang komprehensif melalui user-generated content (UGC) dan pemanfaatan data lokal yang relevan, menarik dan mudah dipahami. Proses optimalisasi dicapai melalui pengukuran social media reach dan engagement, pelibatan tokoh publik dan aktivis anak lokal, serta inovasi kampanye. Selain itu, pengelolaan akun melibatkan kolaborasi ekstensif dengan berbagai mitra strategis, serta adanya mekanisme listening dan responding yang efektif melalui chatbot dan kolom komentar. Terakhir, proses melibatkan dilakukan melalui social media challenge, workshop, dan peluang pendanaan proyek yang tidak hanya memperkuat pemahaman audiens tetapi juga memotivasi tindakan nyata sebagai katalisator dialog dan validasi isu-isu pendidikan anak. Kata kunci: Instagram, Pendidikan, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:12
Last Modified: 25 Sep 2025 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78572

Actions (login required)

View Item View Item