PEBRIYANTI INE, 215060046 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (920kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (854kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SDN 1 Cibunar Garut, khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi scratch dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis antara kedua model pembelajaran tersebut, (3) mengetahui peningkatan dan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi scratch terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Serta (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi scratch terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Cibunar Garut yang terbagi menjadi dua kelompok kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi scratch, dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada kedua kelompok berjalan sesuai dengan sintaks masing-masing model. Terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis antara kedua kelompok. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi scratch lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai N-gain sebesar 0,49 (sedang). Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 2,72 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi scratch terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata-kata kunci: Problem Based Learning, Scratch, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |