ANALIS STRATEGI BERSAING DALAM MENGHADAPI KOMPETITOR (STUDI PADA PT SOLO MURNI KIKY KOTA BANDUNG)

Karnila, Nur (2025) ANALIS STRATEGI BERSAING DALAM MENGHADAPI KOMPETITOR (STUDI PADA PT SOLO MURNI KIKY KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)

Abstract

PT Solo Murni Kiky merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Industri percetakaan dengan produk utama berupa buku tulis, buku gambar, dan alat tulis yang dipasarkan dengan merek kiky.okay dan you. Perusahaan ini dijadikan objek penelitian dikarenakan adanya fenomena penurunan omset pendapatan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum perusahaan PT Solo Murni Kiky, mengetahui competitior, mengetahui strategi bersaing, mengetahui faktor-faktor penentu strategi bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer, melakukan observasi,wawancara, dan dokumentasi, serta teknik pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber buku dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT Solo Murni Kiky merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang berfokus pada industri percetakan dengan prodk utama buku tuli,buku gambar, dan alat tulis yang dipasarkan dengan merek kiky.okay dan you.competitor PT Solo Murni Kiky di Kota Bandung seperti SIDU, Joyko, Kenko, dan Suma. Strategi bersaing pada PT Solo Murni Kiky yang meliputi lima kekuataan ini yang terdiri dari Threat of new entrants (Ancaman pendatang baru), Bargaining power of suppliers (Daya tawar pemasok), Bargaining power of buyers (Daya tawar pembeli), Rivalry among existing competitors (Ancaman produk peganti dan persaingan dengan competitor) sudah berjalan dengan baik, tetapi masih kurang maksimal. Hal ini ditandai dengan adanya penurunan omset pendapatan perusahaan. Faktor keunggulan strategi bersaing pada PT Solo Murni Kiky tempat, merek produk, inovasi produk, strategi pemasaran, biaya tetap manajemen, kelemahan strategi bersaing pada PT Solo Murni Kiky harga, sentivitas harga, perubahan trend pasar. Saran praktis yang bisa peneliti berikan adalah PT Solo Murni Kiky diharapkan terus meningkatkan kualitas produk,strategi pemasaran digital,starategi penetapan harga yang fleksibel dan memantau tren perubahan pasar dan kebijakan pemerintah. Serta saran akademi dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai analisis persepsi konsumen terhadap produk PT Solo Murni Kiky dibandingkan dengan produk pesaing dan Penelitian tentang tren pasar terbaru dalam industri alat tulis serta studi komparatif dengan perusahaan lain yang berhasil dapat memberikan wawasan tambahan tentang praktik terbaik yang bisa diadopsi oleh PT Solo Murni Kiky. Kata Kunci : pemasaran, pesaing, strategi bersaing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:54
Last Modified: 22 Sep 2025 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78483

Actions (login required)

View Item View Item