EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS EXE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF DALAM MENDUKUNG SDGs

KARMILA PINA PUTRI, 215040043 (2025) EFEKTIVITAS E-MODUL BERBASIS EXE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF DALAM MENDUKUNG SDGs. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran abad ke-21, terutama pada materi Biologi yang kompleks seperti sistem saraf. Namun, rendahnya keterlibatan kognitif peserta didik serta keterbatasan media pembelajaran interaktif menjadi kendala dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas e-modul berbasis exe learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem saraf, sebagai kontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada aspek pendidikan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu satu kelas eksperimen yang menggunakan emodul berbasis exe learning dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen utama berupa soal esai yang disusun berdasarkan lima indikator berpikir kritis menurut Ennis, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan angket, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan gain score. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis exe learning secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,70 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,23 (kategori rendah). Peningkatan terjadi pada seluruh indikator kemampuan berpikir kritis. Validitas data diperkuat oleh hasil uji statistik yang menunjukkan data berdistribusi normal, homogen, dan signifikan. Respon peserta didik terhadap e-modul juga sangat positif, terutama dari segi tampilan, kemudahan penggunaan, dan daya tarik materi. Kesimpulannya, e-modul berbasis exe learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta mendukung pembelajaran inovatif yang sejalan dengan pencapaian SDGs. Kata Kunci: Berpikir Kritis, E-modul, Exe Learning, SDGs, Sistem Saraf

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:01
Last Modified: 15 Sep 2025 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78375

Actions (login required)

View Item View Item