PENGARUH PSIKOLOGI KOMUNIKASI MICROTRANSACTIONS GAME ONLINE VALORANT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA GENERASI Z

Verdia, Vari (2025) PENGARUH PSIKOLOGI KOMUNIKASI MICROTRANSACTIONS GAME ONLINE VALORANT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA GENERASI Z. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Psikologi Komunikasi Microtransactions Game Online VALORANT Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh psikologi komunikasi yang terdiri dari dimensi penilaian, kepercayaan, dan perasaan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan analisis data Path Analysis atau analisis jalur. Dengan menggunakan teori pengaruh sosial yang berasumsi bahwa individu dapat dipengaruhi oleh orang lain dalam pengambilan keputusan dan perilaku mereka, terutama dalam kaitannya dengan penjualan dan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain aktif game online VALORANT terutama generasi z, dengan teknik pengambilan data sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan R Square analisis jalur yang terdapat pada tabel Model Summary adalah sebesar 0,672. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh psikologi komunikasi (X) terhadap perilaku konsumtif (Y) adalah sebesar 67,2%, sementara sisanya 32,8% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak terukur didalam penelitian. Adapun hasil pengujian secara parsial dari dimensi penilaian (X1) yang memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 24,2%, dimensi kepercayaan (X ) sebesar 29,6%, dan perasaan (X ) sebesar 44,3% terhadap 2 3 Perilaku Konsumtif. Kata Kunci: Psikologi Komunikasi, Perilaku Konsumtif, Pengaruh Sosial, Microtransactions, Game Online, VALORANT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:57
Last Modified: 15 Sep 2025 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78373

Actions (login required)

View Item View Item