DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA PADA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI SLB BC MULTAHADA RANCAEKEK

Margaretha, Angelique (2025) DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA PADA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI SLB BC MULTAHADA RANCAEKEK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[img] Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Angelique Margaretha.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dukungan Sosial Orang Tua pada Penyandang Disabilitas Netra di SLB BC Multahada Rancaekek”. SLB BC Multahada Rancaekek merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Bandung yang didirikan oleh Yayasan Al-Ishlah Multahada Rancaekek (YAMURA) pada tanggal 22 Juli 2002 yang menyediakan layanan pendidikan luar biasa dengan jenjang SD, SMP, dan SMA. Penyandang disabilitas netra menghadapi banyak kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal belajar dan mengembangkan diri. Ketidakmampuan dalam melihat membuat mereka menghadapi kesulitan untuk mendapatkan informasi visual, yang merupakan bagian penting dari proses belajar. Akibatnya, mereka membutuhkan pendekatan khusus dan dukungan yang kuat dari orang-orang di sekitar mereka, terutama guru dan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua pada penyandang disabilitas netra, hambatan dalam proses memberikan dukungan sosial, solusi, dan juga implikasi praktis dan teoretis pekerja sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) studi dokumen. Informan kunci dari penelitian ini ada 4 yaitu guru dan orang tua penyandang disabilitas netra dan informan sekunder sejumlah 3 orang yaitu anak penyandang disabilitas netra. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan orang tua pada anak penyandang disabilitas netra didominasi dengan pemberian dukungan sosial emosional berupa pemberian motivasi, perhatian, dan kata-kata positif sebagai upaya peningkatan kepercayaan diri penyandang disabilitas netra, dukungan sosial sering diberikan secara verbal. Hambatan yang dialami adalah kesulitan mengontrol emosi, dan komunikasi yang baik, solusi dari hambatan yang dirasakan adalah dengan sabar menahan emosi, mengontrol diri, dan membangun komunikasi yang santai supaya anak dapat menerima arahan, nasehat dengan baik tanpa menyakiti perasaan penyandang disabilitas netra. Kata Kunci: Dukungan sosial, Disabilitas netra, Orang tua

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:50
Last Modified: 15 Sep 2025 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78357

Actions (login required)

View Item View Item