Sari Revalda Marisca Dwi Puspita, 215060081 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ASBTRAK.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay terhadap hasil belajar IPAS kelas III Sekolah Dasar. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS serta media yang berpatok pada buku materi saja sehingga kurangnya keaktifan peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari kelas III C sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan post-test) serta observasi. Hasil penelitian ini, diperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pembelajaran dapat lebih aktif melalui pengeksplorasian pembelajaran serta antusias yang tinggi terhadap media Educaplay yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar dibandingkan kelas kontrol, Selanjutnya hasil data di uji melalui Uji N-Gain, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan rata-rata skor pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 52,86 dan 84,59, sedangkan pada kelas kontrol adalah 51,00 dan 74,41. Nilai posttest yang lebih tinggi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Dilanjutkan dengan uji effect size menghasilkan nilai Cohen’s d sebesar 1,051 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay berpengaruh signifikan tinggi terhadap hasil belajar IPAS kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Educaplay, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:09 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |