Sinaga, Caprio Parlindungan (2024) PERANCANGAN UI UX APLIKASI OBJEK WISATA MERBABU MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
![]() |
Text
Caprio parlindungan sinaga_203040036_Teknik Infomatika.pdf Download (1MB) |
Abstract
Taman Nasional adalah kawasan konservasi alam yang diatur secara khusus untuk melindungi keanekaragaman hayati, ekosistem, dan cagar alam yang terdapat di dalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk melestarikan flora dan fauna endemik serta menjaga ekosistemnya agar tetap seimbang. Taman Nasional juga berperan dalam mendukung penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, serta kegiatan rekreasi alam. Di Indonesia, konsep Taman Nasional diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang kemudian diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1998 tentang Konservasi Taman Nasional. Undangundang ini memberikan dasar hukum bagi pengelolaan, pelestarian, dan pengembangan Taman Nasional di Indonesia. Penelitian ini berfokus untuk merancang aplikasi objek wisata merbabu, aplikasi ini dirancang dengan berbasis mobile, menggunakan UI dan UX dari segi bahasa pemrograman UI dan UX adalah dua konsep yang erat kaitannya dengan desain produk digital. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode design thinking. Design thinking adalah pendekatan dalam merancang solusi untuk masalah kompleks yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap pengguna. Pendekatan ini menekankan pada lima tahapan yaitu : Empathize (empati) menghasilkan proses pemahaman pengguna melalui observasi dan wawancara, dan berempati pada pengguna menggunakan empathy map, Define (mendefinisikan) menghasilkan kebutuhan, permasalahan, dan wawasan yang dimiliki pengguna, Ideate (menghasilkan ide-ide) untuk solusi masalah yang didefinisikan sebelumnya, Prototype menghasilkan pembuatan model sederhana atau representasi visual dari ide-ide yang dihasilkan pada tahap sebelumnya, dalam tahap ini peneliti menggunakan low-fidelity, dan high-fidelity, Test (menguji) menghasilkan pengujian prototype menggunakan usability testing dengan pengguna untuk mendapatkan umpan balik. Hasil dari penelitian tugas akhir ini yaitu berupa perancangan aplikasi objek wisata merbabu yang dilakukan sampai tahap prototipe. Masyarakat yang gemar berpergian ke tempat wisata merasa terbantu dengan adanya penelitian ini karena aplikasi objek wisata merbabu berbasis mobile sangat efektif dan efesian dalam mencari informasi objek wisata merbabu, pemesanan tiket objek wisata merbabu dan berita mengenai taman nasional gunung merbabu. Kata Kunci: Taman Nasional Gunung Merbabu, Objek Wisata, Aplikasi Mobile, Design Thinking, U I UX
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |