EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI SISTEM HORMON TERHADAP KETERAMPILAN DIGITAL HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NASIONAL

AMALIA LYRA AZKA, 215040017 (2025) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI SISTEM HORMON TERHADAP KETERAMPILAN DIGITAL HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NASIONAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (763kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Biologi di era abad-21 menuntut peserta didik berpikir kritis, adaptif, dan mampu memecahkan masalah. Keterampilan ini tercermin dalam Digital Habits of Mind (Digital HoM). Materi sistem hormon, khususnya regulasi gula darah, menjadi topik yang menantang bagi peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi, peserta didik mengalami kesulitan memahami mekanisme kerja hormon insulin. Di sisi lain keterampilan Digital HoM belum banyak difasilitasi secara eksplisit dalam pembelajaran, padahal penting untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era digital. Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan Digital HoM melalui pemanfaatan laboratorium virtual pada materi sistem hormon. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one-group pretest-posttest terhadap 42 peserta didik kelas XI yang dipilih melalui purposive sampling dengan pertimbangan aksesibilitas digital. Data utama diperoleh dari lembar observasi keterampilan Digital HoM berdasarkan framework Hizqiyah, dan data penunjang dari hasil tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual secara positif meningkatkan keterampilan Digital HoM dan penguasaan konsep peserta didik (gain=42.3% , NGain didominasi kategori tinggi 52.38%). Saran bagi penelitian selanjutnya memperhatikan indikator berpikir ilmiah termasuk pada membuat hipotesis. Kata kunci: Digital Habits of Mind, Laboratorium virtual, sistem hormon

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:02
Last Modified: 12 Aug 2025 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77664

Actions (login required)

View Item View Item