Rizqiani Adela, 215060039 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada kelas IV di Sekolah Dasar Pembelajaran IPAS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN 193 Caringin Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Educaplay terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD, (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Educaplay dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional, dan (3) seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Educaplay terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 50 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan aplikasi Educaplay memperoleh hasil rata rata aktivitas peserta didik dan pendidik sebesar 90%, sedangkan pada kelas konvensional sebesar 76% pada aktivitas pendidik dan 74% pada aktivitas peserta didik. Terdapat perbedaan peningkatan rata rata peserta didik kelas eksperimen menunjukan rata-rata yang lebih tinggi 0.6447 dan kelas kontrol 0.1899. Dan terdapat Pengaruh model kooperatif tipe Team Games Turnament berbantuan aplikasi Educaplay dengan mendapatkan nilai cohen’s 1.68 kategori effect besar. Kata Kunci: Kooperatif tipe Team Games Tournament, Educaplay, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |