Anwar Amin, Aang and Alamsyah, Kamal and Salamah, Ummu (2025) Electronic Using Public Service Innovation in Medical Records at Sayang Area Public Hospital Cianjur District. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Final Paper Scopus-Aang 2025.docx Download (127kB) |
![]() |
Text
LoA_Tec Empresarial_Aang Anwar Amin et al 2025.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Abstrak.doc Download (43kB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Inovasi Pelayanan Publik Menggunakan Eleklronik yang efektif pada Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur belum berjalan secara efektif sehingga belum mampu memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung di bidang layanan kesehatan. Adapun tujuan dari penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan pertimbangan dalam menentukan arah kebijakan pelayanan bagi Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dekriptif analisis dengan jenis pendekatannya adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data nya adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri observasi dan wawancara serta Focus Group Discussion. Sedangkan informannya adalah adalah pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan tema penelitian.. Analisis data dilakukan melalui Pengumpulan data,Reduksi data, Penyajian data dan Pembuatan Kesimpulan, Verifikasi, dan Refleksi. Pelayanan Publik Menggunakan Elektronik pada Rekam Medis Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjurdapat belum dilaksanakan secara efektif. Oleh karena itu untuk mendukung kualitas layanan kesehatan pada Rekam Medis, maka beberapa hal penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dapat membantu RSUD Sayang sekaligus memaksimalkan penggunaan teknologi dalam manajemen kesehatan antara lain seperti sistem rekam medis elektronik, integrasi data pasien, akses pasien terhadap data medis. Faktor-faktor hambatan dalam Pelayanan Publik Menggunakan Elektronik pada Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur yakni; faktor biaya yang belum Mencukupi, faktor kebijakan (Sinkronisasi Data), faktor kesadaran masyarakat, faktor infrastruktur Teknologi Informasi dan faktor komunikasi. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kualitas pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur, baik di unit rawat jalan, rawat inap, maupun gawat darurat, secara signifikan mempengaruhi kesiapan tenaga kesehatan dalam menerapkan sistem pelayanan Rekam Mediss secara efektif Terdapat Inovasi Pelayanan Publik Menggunakan Eleklronik yang efektif pada Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur dengan mempertimbangkan Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemudahan Diamati. Adapun faktor Complexity (Kerumitan) berkaitan dengan inovasi pelayanan publik menggunakan eleklronik pada Rekam Medis belum dilaksanakan secara maksimal sehingga dapat mengganggu terhadap Pelayanan Publik Menggunakan Eleklronik pada Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 03:53 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |