ANGGRAENI, Reva Intelliana and DARTA and ROHIMAH, Siti Maryam (2022) Analisis Learning Obstacles pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics, 7 (2). pp. 171-180. ISSN e-ISSN: 2548-2297 • p-ISSN: 2548-2297
![]() |
Text
B4.2 Symmetry Dec 2022.pdf Download (550kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hambatan-hambatan belajar (learning obstacles) yang terjadi pada siswa terutama pada materi pecahan kelas IV dan upaya untuk mengatasi learning obstacle tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 17 orang siswa kelas IV SDN Kopo 04 tahun ajaran 2021/2022 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan untuk pengambilan data peneliti menggunakan instrumen tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan learning obstacles dengan kategori ontogenic obstacle yaitu bahwa siswa belum memahami bagaimana mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pada pecahan. Siswa juga mengalami epistemological obstacle jika dihadapkan dengan konteks soal yang berbeda dari yang dicontohkan oleh guru dalam buku dan keliru memahami maksud soal. Selain itu ditemukan didactical obstacle dimana siswa belum bisa menempatkan pembilang dan penyebut, siswa juga tidak mengetahui definisi dari pecahan dan konsep pecahan sebagai bagian dari satu utuh serta pecahan sebagai bagian dari kelompok, karena diakibatkan oleh pengajaran guru yang kurang tepat. Serta ditemukan pula upaya untuk mengatasi learning obstacle yang ditemukan seperti mengadakan remidial, pengayaan, menggunakan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), sering melakukan latihan soal, dan menggunakan media belajar lain selain buku. Upaya untuk mengatasi learning obstacles yang ditemukan diharapkan dapat direalisasikan untuk meminimalisir hambatan belajar yang dialami siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | +6285798806993 |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 May 2025 05:04 |
Last Modified: | 27 May 2025 05:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |