STRATEGI PUBLIC RELATION KAI MENGINSPIRASI DALAM MEMBANGUN COMMUNITY RELATION PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Az Zahra, Elfarras (2025) STRATEGI PUBLIC RELATION KAI MENGINSPIRASI DALAM MEMBANGUN COMMUNITY RELATION PT KERETA API INDONESIA (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (375kB)

Abstract

Membangun hubungan baik dengan masyarakat dan stakeholder dapat membantu mengembangkan perusahaan dalam mencapai tujuan dan melaksanakan keberlanjutan dari visinya. KAI Menginspirasi membentuk program sebagai perpanjangan tangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relation KAI Menginspirasi dalam membangun community relations yang dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penelitian ini menganalisis strategi public relation, pemilihan taktik, implementasi, serta efektivitas program berdasarkan respons masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, survei kepuasan peserta, serta analisis media sosial dan pemberitaan Dengan menggunakan pendekatan The Nine Steps of Strategic Public Relations dari Ronald D. Smith. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAI Menginspirasi menerapkan tahapan- tahapan dalam merancang program community relation m merancang program community relation yang dimulai dari riset formatif, strategi komunikasi yang dirancang, taktik dalam penerapan strategi hingga tahapan evaluasi program. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa program KAI Menginspirasi dapat menjadi model yang efektif dalam community relations perusahaan transportasi publik, dengan strategi public relation yang lebih adaptif dan partisipatif. Kata Kunci: Community Relations, Corporate Social Responsibility (CSR), Strategi Publik Relation.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 May 2025 02:40
Last Modified: 21 May 2025 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75347

Actions (login required)

View Item View Item